Cara Mengecek AC Kendaraan Sendiri


Trik dan jalan pengecekan di sistem ac mobil, Servis Ac mobil sendiri, bisakah servis ac mobil sendiri, mungkin ini adalah perbincangan yang gaib jika aku serba ingin tahu dengan apa yang kita miliki seperti keadaan ac mobil kita salah satu contohnya.

Untuk yang tidak sasaran repot sebab sibuk secara kegiatan, aktifitas lain yang jauh kian penting, tentu saja tips servis ac mobil sendiri itu tidak berguna karena kian baik mempercayakan kepada studio services ac.

Di dalam sistem ac mobil merupakan pertalian beberapa parts, peralatan atau komponen yang bekerja dengan demikian kita siap mengatur suhu kabin dan menghasilkan udara dingin pada kabin mobil.

Tips Pemeriksaan atau Service Ac Mobil

Berikut adalah tips interogasi, pengecekan / servis ac mobil dengan menyeluruh lawan semua unsur ac mobil.
1. Cara Periksa Keadaan Kerja Kompressor AC Mobil
Kompressor ac mobil terbuka menjadi dua komponen yang utama yaitu kompressor dan magnetic clutch. Kontrol kondisi Kompresor ac
Untuk kompressor ac beberapa point yang kudu di lakukan inspeksi ialah periksa pemastian fisik, apakah terdapat oli yang menempel pada dinding kompressor, kalau ya berguna terjadi kebocoran pada kompressor, tetapi pun perlu untuk mencari tahu dari mana datangnya oli apakah mulai kompresor ataukah dari mesin.

Bagian bagian dari kompressor ac yang biasa jadi penyebab tersebar freon yang bercampur secara oli diantaranya pada packing antara front cover dan back cover, sambungan corong ac di kompressor baik pipa low maupun pembuluh high, reliev valve atau seal shaft compressor.

Sedangkan pemeriksaan pikulan kompressor ac dalam menyedot refrigerant dapat dilihat secara menggunakan manometer gauge ac mobil.

2. Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet
Kopling magnet di kompresor ac mobil berfungsi untuk mengubungkan putaran mesin melalui puli kompressor. Di gambar kompresor ac mobil di bagi terdapat puli, armature assembly atau center piece juga terdapat gulungan spull di dalam puli, dengan bersama di sebut guna magnetic clutch assy / kopling magnet ac mobil. Lihat juga test komitmen magnetic clutch..

Pemeriksaan untuk kopling magnet ini dapat dilihat berdasar pada fisik diantaranya armature assembly atau center piece interes oleh magnet ketika ac hidup, saksama gerakan saat terhubung apakah langsung terhubung atau sisip terlebih lalu. Perhatikan agaknya bunyi saat terhubung apakah terdengar muluk atau sementung.

Kalau ketika terhubung terdengar bunyi keras besi bertumpu besi berati telah terjadi keausan parasan armatur assembly dengan parasan puli, ataupun terdapat sela atau kamar yang terlalu jauh (lihat gambar kompresor diatas). & akibat dari jarak yang terlalu rumpang akan memapah akibat sering-sering terhubung serta kadang bukan terhubung paling utama jika suhu kompresor telah panas, sebab kemampuan magnet untuk merampok center piece berkurang tatkala panas.

& hal berikut kita bakal merasakan ac kadang pasif dan ac kadang hidup sebagai konsekuensi celah antara center piece dan parasan puli yang terlalu jauh. Jarak jurang puli serta center piece yang baik berada di antara 0, 25mm sampai 0, 5mm.

Jurang atau kamar center piece dengan rataan puli kompresor diatur per ketebalan cincin plat yang digunakan renggangan center piece dengan shaft atau usa kompressor. Berubahnya jarak berikut biasanya sebab memang sudah biasa waktunya penggantian spare part ac itu.

Hal diatas disebabkan sebab pada tatkala ac mobil dihidupkan parasan center piece yang kosong secara tiba-tiba terhubung beserta permukaan puly yang mengitar terus-menerus. Dan ini berlangsung setiap ac mobil on dan off, tentu saja ada masa pakainya.

Jarak antara puli dan center piece yang terlalu jauh beserta tanda harapan keras tatkala center piece terhubung pada beberapa merek kompressor ac juga mengundang armature assembly bisa putus pada piringan pegas, disamping itu apabila jarak terlalu jauh nampaknya kemagnetan dari magnetic clutch tidak dapat menarik center piece saat kondisi genting.

3. Pemeriksaan Kondensor AC
Secara fisik pemeriksaan kondensor ac bisa di lakukan dengan melihat sirip-sirip di kondensor apakah ada ada basah oli ac yang menandakan terdapat kebocoran di dalam kondensor beserta periksa apakah ada tampil sirip tertekuk atau telau yang meredakan pendinginan kondensor.

4. Periksa Pipa-Pipa AC dan Slang Flexible
Mencocokkan pipa ac baik pipa flexible / pipa aluminium dari nampaknya bocor atau pun peluang bergesekan secara bagian mobil yang lain, yang bisa sebagai penyebab terjadinya kebocoran.

Usut atau menilik sambungan-sambungan dari kemungkinan tersebar yang ditandai dengan terlihat basah oleh oli ac pada terusan pipa ac tersebut.

Selidik juga Service Valve daripada kebocoran yang mungkin tercipta, hal yang sama juga sanggup di langut jika terjadi bocor saat service valve akan tampak basah beserta bekas oli di lebih kurang servis valve (pentil saat pipa ac untuk mengisi dan memberantas freon) ini.

5. Pengamatan Receiver Drier
Receiver drier ini berfungsi untuk menampi kotoran agar tidak sunyi ke klep expansi, untuk ac mobil dengan macam receiver drier yang terbelah dari kondensor dilengkapi beserta sight glass dan pressure switch.

Untuk pemeriksaan receiver drier macam terpisah secara kondensor yang kebanyakan bertipe T atau tipe L, periksa pula dari probabilitas bekas oli ac pada sekitar sambungan IN serta OUT sebab pada bagian berikut sering juga terjadi kebocoran freon ataupun oli ac karena sil yang meningkat atau pun sambungan buluh-buluh ac yang terhubung tenang keras.

Kudu dilihat pun kondisi freon melalui sight glass yang terdapat pada atas receiver drier apakah sight glass terlihat habis atau warna hitam, jika turun kehitaman pertimbangkan untuk penggantian receiver drier dan kontrol ac mobil secara koherensi ke bengkel servis ac mobil.

CARI TEMPAT VARIASI MOBIL DAEWOO Untuk kabel pressure switch usut kondisi soket serta kenur yang terhubung apakah turun dalam keadaan terhubung dengan baik ataupun tidak.

6. Pemeriksaan dalam Expansi Valve
Untuk ekpansi Valve / katup expansi pada ac mobil ditemui beberapa species, jenis expansi valve yang bisa aku periksa kondisinya dari pendatang adalah katup expansi yang bebentuk persegi.

Walaupun expansi berbentuk ulas ini pula biar ada juga yang dalam tempatkan dalam rumah evaporator, tergantung konstruksi evaporator. Tiruan pada kebanyakan mobil atas Toyota ekspansi Valve itu bisa dilihat dari luar, dan mudah untuk bongkar naik tanpa membuka Evaporator.

& untuk ratifikasi secara ringan adalah secara melihat keadaan secara fisik apakah ada bekas oli ac yang berada dalam sekitar klep expansi ini yang menguraikan telah tercipta bocor di dalam seal terusan pipa ac.

Sedangkan macam katup expansi yang terletak di dalam graha evaporator, aku tidak siap melihat ondisi secara fisik, tetapi siap di amati kerja nya dari tekanan yang pada ukur, untuk yang ini mungkin segenap orang bukan bisa memandang kondisinya hanya teknisi.

7. Pemeriksaan Evaporator
Pemeriksaan atau pengecekan dengan cara gampang kondisi Evaporator bisa dilakukan dengan mendapat hembusan siklon melalui grill ac.

Bila terasa bayu kurang kencang dan kesan yang ditimbulkan nya merupakan ac redup dingin / terkadang gas tidak terserondok untuk kira-kira tipe ac mobil, tiada salahnya melaksanakan pembersihan evaporator karena dekil.

8. Pemeriksaan Blower
Pengecekan blower berdasar pada mudah juga bisa dikerjakan dengan menetapi putaran blower apakah terdengar kasar ataukah terdapat suara-suara lain dari blower. Semisal adalah terjumpa dedaunan polos yang mengakar ke blower ataupun bunyi blower yang disebabkan per bushing perabot blower yang sudah lapuk. Sehingga ketika ac kehidupan terdengar ijtihad yang mersik dari perencana blower itu.

9. Investigasi Fan Kondensor
Fan kondensor atau pun yang jadi satu dengan fan radiator perlu aku periksa pula kecepatan hembusan angin, petunjuk hembusan siklon serta ihwal soket tali pada fan condensor itu. Untuk hal ini apabila fan condensor mati dalam beberapa tipe mobil menjadi penyebab naiknya temperatur jentera ketika ac dihidupkan.

10. Pemeriksaan Drive Belt
Drive belt di ac mobil menghubungkan renggangan puli kompressor ac secara puli cranksaft mesin. Pengecekan bisa dijalani dengan melihat kondisi apakah terlihat terbuka atau sedang baik, bila terlihat cela, langkah baiknya adalah di ganti, menghindari putus dalam tengah pikiran. Karena drive belt ac mobil berikut pada sejumlah merek dan tipe mobil menyatu beserta putaran water pump serta Alternator. Bila putus dalam tengah jalan tidak aja ac mobil yang tidak dingin, tetapi pendinginan mesin serta pengisian aki dari Alternator juga tidak bekerja.

11. Pemeriksaan Nominal Freon Pada AC Mobil
Pemeriksaan banyak freon / cara mencocokkan freon dalam ac mobil bisa di lakukan secara manual menjalani sight glass yang terdapat pada receiver drier, bahwa sistem ac menggunakan receiver drier yang menjadi satu dengan kondensor, maka sight glass itu terletak saat saluran pembuluh tekanan menjulung.

1. Hidupkan mesin mobil, jika turun gelembung warna putih saat idle kemudian meloncat menjadi cerah saat pada gas keadaan freon pas.

2. Apabila terlihat bergelembung warna putih baik saat perkakas idle ataupun saat perkakas di gas artinya freon kurang, freon kurang tersebut terdapat 2 kemungkinan ialah memang freon kurang ataupun freon tidak bisa merasuk lebih banyak karena di dalam koordinasi terlalu tidak sedikit oli.

3. Pada sight glass tampak bening baik saat idle atau saat mesin di gas artinya didalam orde terlampau penuh freon.

Untuk mendapatkan dampak pemeriksaan tolakan freon yang benar & akurat pantas menggunakan manometer gauge guna alat servis ac mobil atau perangkat AC R3 untuk kontrol jumlah freon yang ditemui pada koordinasi ac.

Advertisements